Senin, 23 September 2013

Ekstra Sains SD IT

Hallo redaksi madasSi, senang sekali kami tim Extra Sains SDIT Tunas Mulia berkesempatan untuk diliput Tim madasSi.
Extra Sains SDIT Tunas Mulia sudah ada sejak tahun 2008, pesertanya siswa SDIT tunas Mulia kelas IV dan V, karena memang termasuk dalam extra pilihan di sekolah ini.
Nah, redaksi madasSi,  kemarin Tim Extra Sains SDIT Tunas Mulia membuat makanan alternative berbahan dasar Lidah Buaya…….. Waduh, kok kayaknya ada yang sudah mual-mual ya???? Hemmmmmm…….. Pasti karena membayangkan lidah buaya yang memiliki bau khas ( umumnya tidak enak dan berlendir ) kan??? 
Kalau secara asal, memang bahan baku lidah buaya sepertinya aneh untuk dibuat makanan, tetapi ternyata dengan sedikit kreatifitas kita bisa mendapat suguhan  yang lezat dan sehat bagi tubuh, bagus bagi pencernaan utamanya bagi yang punya penyakit maag. Nah, untuk lebih luasnya mengenai khasiat lidah buaya / nama lainyya Aloe Vera, sahabat bisa browsing di internet deh, oke….
Bagi sahabat yang pengin mencoba membuat di rumah nih, kami beri tahu resep pembuatannya.
Bahan :Lidah Buaya yang berdaging tebal, gula jawa / pasir secukupnya, garam secukupnya, dan daun pandan.
Cara membuat :
1. Kupas kulit lidah buaya, bersihkan lendir pada daging buahnya
2. Potong-potong ukuran dadu / sesuai selera
3. Masukkan air secukupnya pada panci tambah gula, garam,dan daun pandan sesuai dengan selera
4. Jika sudah mendidih, masukkan potongan lidah buaya
5. Tunggu beberapa menit kemudian angkat
6. Sajikan dengan es ( jika suka ), dijamin rasanya lezatoz!!!!
Nah-nah-nah…. Mudah banget kan??? Coba ya di rumah!!
Eksperiment untuk membuat makanan tak sampai disitu saja lho. Sahabat madasSi, dipertemuan selanjutnya kami tim Extra Sains mencoba membuat bahan olahan dengan bahan baku Nanas. Yupz, bener banget kita membuat Selai Nanas….. Komplit deh setelah jadi langsung kita pakai untuk membuat roti bakar. Hehehe yam.. Yam.. Yammmm deh pokonya. So bagi sahabat yang berminat untuk ikut Extra Sains, next time mungkin bisa gabung dengan kita-kita. Dapat ilmu yang bermanfaat dengan cara yang fun, siip deh pokoknya. Kami tunggu ya?