Selasa, 16 April 2013

TRAINING MOTIVASI FOR CLASS SIX SDIT

Minggu pagi pukul 07.00 anak-anak telah berkumpul di sekolah meggendong ransel yang berisi bekal dari rumah. Yah, sebelum liburan akhir semester I TA 2012/2013 itu tiba, mereka harus mengikuti training motivasi dari sekolah.
Tujuan diadakannya training ini yaitu untuk persiapan menghadapi UAN 2013 nanti. Dari kegiatan ini anak-anak diharapkan bisa mengambil pelajaran disetiap gamenya. Untuk memenuhi harapan ini team penanggungjawab memilih Water Byur Ponjong sebagai lokasi. Dengan beberapa game dan fasilitas yang disediakan di sana, team penanggung jawab yakin anak-anak akan mampu untuk melaksanakannya dengan baik.


Waaaaahhhh pasti seru ya….
Ayo sahabat kita ikuti liputan ceritanya…
Sekitar pukul 08.00 lebihnya beberapa menit…………
Anak-anak telah tiba di lokasi. Tentu para ustad dan ustadzah sudah siap dan dengan senang hati menunggu untuk menyambut kedatangan putra putri tercinta. Penuh semangat dan antusias. Yah itulah yang tergambar diwajah mereka. Penasaranpun juga berada dibenak meraka, game apa yang akan kita mainkan hari ini???
Meskipun cuaca hari itu mendung dan gerimis sampai membasahi di beberapa lokasi, namun hal itu takkkan menggelapkan dan melunturkan coretan semangat mereka”.
Awal agenda dibuka oleh ustadzah Bekti dengan penuh semangat dan antusias beliau membuka dengan yel2….
“ S...D...I...T!!!!!”
“ Cerdas, Aktif, Selalu kompak, Semangat Dahsyatttttt!!!!!”
Luar biasa bukan??? Kalimat yang penuh makna untuk membakar semangat anak-anak.
Setelah sambutan dari Kepala Sekolah (Ustadzah Reni Khasana, S.Pd.Si) anak-anak membentuk sebuah kelompok yang akan diserahkan kepada kakak trainer. Mengikuti petunjuk, memahami dan melaksanakan, ketiga itu yang seharusnya mereka perhatikan untuk kesuksesan kelompok dalam menjalankan permainan. Rute yang akan mereka lewati sejauh 4Km dengan 4 pos permainan.
Langkah Pertama…
Anak-anak mulai melangkahkan kaki menuju pos pertama. Wah perjalanan yang seru. Melewati perkampungan, kebun dan sawah-sawah. Ooooppss…. Pelan-pean mereka berjalan, “ awas hati-hati melewati jembatan suramadunya, hehehe” kata pak Saroso sebagai pendamping kelompok 3 putra.
Beberapa langkah kemudian kita dihentikan dipos pertama. Apa ya permainan yang akan diberikan oleh kakak-kakak triner??? “ kelompok pertama putri silahkan menempatkan diri, dan berbaris” kata kakak triner. “ dengarkan baik-baik, kalian tebak kalimat ini menjadi satu kata yang enak rasanya. Kalian diskusikan dengan kelompok, dan pendamping dimohon jangan terlalu banyak membantu.” ujar kakak triner lagi. Dengan kesungguhan mereka berusaha menebak teka-teki yang diberikan. Setelah berhasil mereka melaporkannya kepada kakak triner dan kembali melanjutkan perjalanan ke pos berikutnya. Cukup jauh perjalanan menuju kepos dua. Sambil menikmati pemandangan alam disekeliling yang begitu indah tak lelah kaki ini untuk melangkah.
Pos kedua…..







Ahaaa….?!?!?!?! Tantangan kedua cukup menarik dan menantang, apalagi yang tidak suka berkotor-kotoran ini akan menjadikan tantangan sendiri bagi mereka. Game dipos kedua ini adalah Halang rintang. Diaman anak-anak akan merangkak dibawah rangkaian tali ditanah yang becek.
“ ayo… ayo semua jangan takut becek!!! Lakukan sesuai dengan teknik yang diajarkan!!!” perintah dari kakak triner.
Satu persatu mereka melakukan game itu. Mereka tampak seperti manusia lumpur yang sedang bejalan. Rasa bahagia yang begitu lepas mereka tampakkan ketika berhasil sempurna.
Ini dia…..
Selanjtnya mereka digiring ke area water byur. Penasaran game apalagi ya??? Ada pipa besar, ada ember dan bola plastik. Oh, ternyata game selanjutnya adalah bola pipa.



Mari kita ikuti ceritanya. Dalam permainan ini mereka yang terbagi menjadi beberapa kelompok tadi akan saling kompetisi. Tiap anggota kelompok memiliki tugas masing-masing. Ada yang ambil air dan yang lain menutupi lubang dipipa agar bola yang ada didalam pipa bisa keluar dengan tekanan air.  Mudahkan?? Hanya perlu kekompakan untuk bisa melalukan ini. Wah habis kena lumpur sekarang basah kuyup mainan air, hihihi.
Tiba saatnya…..
Out bon….. Hemmmm. Game yang cukup fenomenal dikalangan para pendaki gunung., hehehe.
Naik dari atas melintasi tali turun kebawah. Terjuuunnnn…….!!!!! Wau tapi anehnya ekspresi takut dari sebagian anak hanya terekspresikan dengan diam, menutup mata dan kerutan wajah.
Tampak lucu ketika melihat ekspresi itu.
Seusai….
Setelah menyelesaikan keempat game tersebut, anak-anak diperkenankan untuk membersihkan diri dan menikmati santapan ikan bakar khas kota ponjong. Mantap-mantap….
Menikmati santapan dipinggir sumber permata air dengan suasana mendung bercampur gerimis. Apalagi suasana itu dilewati dengan kebersamaan. Alkhamdulillah Allah memberi kelancaran dihari itu.
*****

Terus apa ya kesan dari adek-adek tentang acara mereka ini???
“kita harus kompak”.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Itu kesan singkat yang dilontarkan oleh salah satu siswi SDIT Rifdah Nurul Hayyah VI Putri .
Meskipun kesan yang mereka dapatkan berbeda-beda, tapi banyak pembelajaran positif yang mereka dapatkan.